Sabtu, 22 Maret 2014

Tekhnologi Game

Pengenalan Game

Teori game atau permainan adalah suatu cara belajar yang digunakan dalam menganalisa interaksi antara sejumlah pemain maupun perorangan yang menunjukkan strategi-strategi yang rasional. Teori permainan pertama kali ditemukan oleh sekelompok ahli Matematika pada tahun 1944. Teori itu dikemukakan oleh John von Neumann and Oskar Morgenstern.


       
          Didalam suatu game terdapat berbagai jenis tipe game. Berikut ini adalah contoh beberapa tipe game :

·         Action game :
o    Tipe game dengan fitur utama berupa fasiltas tembak cepat dengan banyak aksi di mana pemain harus memiliki keterampilan reaksi yang cepat untuk menghindari tembakan musuh atau menghindari rintangan. Misal seperti Resident Evil maupun GTA.
·         Sport game :
o    Tipe game yang berupa kompetisi antara dua pemain atau lebih, dimana pemain dapat berupa individual atau tim. Misalnya PES 2014 atau FIFA 2014.



·         Role playing game(RPG) :
o     Tipe game ini seringkali berupa multi-player game dimana setiap pemain memiliki karakter dengan kemampuan, kekuatan, dan kelemahan yang spesifik. Para pemain saling berkompetisi, berinteraksi, dan bertempur satu sama lain. Tampilan grafis biasanya di tampilkan secara maksimal karena menggunakan kamera yang cukup dekat dengan player/actor yang terdapat didalamnya. Misal seperti Harvest Moon dan Final Fantasy.

·         Puzzle game :
o    Tipe game ini umumnya membuat pemain menggunakan kemampuan berpikirnya sebagai pengganti keterampilan reaksi yang cepat karena terdapat rahasia yang perlu dipecahkan.

·         Adventure game :

o    Tipe game yang umumnya membuat pemain harus berjalan mengelilingi suatu tempat yang terkondisi.

·         First  person shooter :
o     Tipe game perang atau tembak menembak yang hanya memunculkan gambar tangannya saja jadi seolah-olah menggunakan sudut pandan orang pertama. Misal pada Call of Duty dan Point Blank.

·         Strategy game :
    • Merupakan game dengan menggunakan tipe kamera wide(dari jauh)agar dapat mengontrol semua object yang terlibat dalam permainan tersebut. Misal dalam game strategi perang Company of Heroes, mereka harus meminimalisasi setiap unit pasukan agar tidak kalah dalam pertempuran.

SEJARAH GAME

Generasi Pertama

Tahun 1972, Saat dimana seseorang belum mengenal game konsol atau game komputer, yang mereka tahu adalah video game, yaitu sebuah permainan elektronik yang menampilkan gambar bergerak (video). Sebuah perusahaan bernama Magnavox meluncurkan video game pertama, yaitu Odyssey. Odyssey adalah sebuah konsol untuk memainkan game produksi Atari yang bernama Pong. Game ini menyerupai permainan tennis. Beberapa saat kemudian Atari juga membuat sebuah mesin game yang lebih dikenal dengan Sears.


                                                                   Odyssey



Generasi Kedua

1976 – 1983, Sepanjang tahun itu produsen game seperti Atari, Fairchild, Magnavox, dan RCA mulai berlomba membuat mesin game dengan teknologi cartridge. namun pasaran konsol game mulai ambruk seiring dengan kemajuan jaman hanya Atari dan Magnavox yang bertahan. Saat awal tahun 1976 Fairchild adalah pelopor penggunaan Cartridge dan barulah produsen yang lain menyusul seperti Atari dengan Atari 2600 dan Magnavox dengan Odyssey 2. semakin bersinarnya Atari membuat Fairchild dan RCA mengalami kebangkrutan karena mereka gagal merilis konsol game yang tidak booming saat itu.


                                                                   Atari


Generasi Ketiga

Tahun 1983 adalah tahun menghebohkan didunia perkembangan konsol game karena Nintendo muncul. gebrakan mereka begitu terasa sehingga game teranyar mereka saat itu Super Mario Brothers melenggang mulus di dunia game konsol.



                                                       Super Mario Brothers


Generasi Keempat

Tahun 1988 muncul pesaing utama Nintendo yaitu Sega Genesis. Persaingan begitu ketat hingga para penikmat game konsol menyebutkan bahwa Super Mario akan selalu menjadi rival bagi Sonic.



                                                        Sega Genesis

Generasi Kelima

1990 – 1994, Perang game konsol terus terjadi namun pesaing baru muncul Sony dengan Sony Playstation One. Konsol ini adalah konsol pertama dengan teknologi berbasis CD. Dapat diakui bahwa Sony telah melahirkan mesin konsol yang sangat laris saat itu sehingga produsen lain seperti Atari dengan Atari Jaguar, Nintendo dengan Nintendo 64 dan Sega dengan Sega Saturn dibuat keok dengan Playstation one.



                                                            Playstation one


Generasi Keenam

1998 – 2000, Sega mengibarkan bendera putih dari persaingan sementara Sony masih tetap berjaya dengan Playstation one milik mereka. Sony merilis Playstation 2 saat itu dan teknologi game semakin berkembang pesat belum lagi persaingan datang dikubu Microsoft dengan melahirkan Xbox dan Nintendo dengan Game cube. Namun lagi – lagi Sony memenangi persaingan Playstation 2 unggul dari semua game konsol lain.



                                                          Playstation Two

Generasi Ketujuh

2005 – 2006, Pesaingan semakin ketat namun Sony gagal merajai era itu karena fitur yang ditawarkan Xbox live lebih baik belum lagi Nintendo melahirkan Nintendo Wii dengan kemajuan konsol joystick mereka. Sony gagal merajai persaingan tersebut walaupun sudah membuat senjata baru mereka yaitu Playstation 3.



                                                                Nintendo Wii

Generasi Game Genggam

Generasi ini adalah cikal bakal dari pertanyaan “Dapatkah konsol game dibawa – bawa dan dapat dimainkan dimanapun” , “Apakah sebuah mesin game bisa dimuat kedalam saku?” hal ini membuat para produsen game mulai mengembangkan game konsol kecil ya perkembangan pesat dapat dikatakan dari Nintendo dengan Gameboy , Atari dengan Atari Sony dengan PSP.



                                                                  PSP Vita






referensi : http://safemode.web.id/artikel/teknologi/game-teknologi-gametek
http://faris6593.blogspot.com/2014/03/pengenalan-pengertian-teknologi-game-dan-esrb.html
http://blogsida2008.blogspot.com/2014/03/teknologi-game.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar