Jumat, 04 November 2011

Pemuda dan Sosialisasi

Pemuda & Sosialisasi

       Pengertian pemuda yaitu merupakan suatu identitas yang potensial sebagai penerus cita -cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan bangsanya karena pemuda adalah harapan bangsanya.

       Pengertian pemuda/generasi muda sebagaimana yang dimaksudkan dengan pembinaan generasi muda dan dilaksanakan dalam repelita IV adalah :

1)Dilihat dari segi biologis, terdapat istilah :
Bayi :0 – 1tahun
Anak :1 – 12 tahun
Remaja : 12 – 15 tahun
Pemuda : 15 – 30 tahun
Dewasa : 30 tahun keatas


2)Dilihat dari segi budaya atau fungsional dikenal dengan istilah
Anak:0 – 12 tahun
Remaja: 12 – 18 tahun – 21 tahun
Dewasa: 18 – 21 tahun ke atas
Di muka pengadilan manusia berumur 18 tahun sudah dianggap dewasa.

3)Dilihat dari angkatan kerja, ada istilah tenaga muda dan tenaga tua. Tenaga muda adalah calon-calon yang dapat diterima sebagai tenaga kerja yang diambil antara 18 – 22 tahun

4)Dilihat dari perencanaan modern, digunakan istilah sumber-sumber daya manusia muda (young human resources) sebagai salah satu dari 3 sumber-sumber pembangunan yaitu :
a)Sumber-sumber alam (natural resources)
b)Sumber-sumber dana (financial resources)
c)Sumber-sumber daya manusia (human resources)

5)Dilihat dari idiologis-politis, maka generasi muda adalah calon pengganti generasi yang terdahulu, dalam hal ini berumur antara 18 – 30 tahun, dan kadang-kadang sampai umur 40 tahun.

6)Dilihat dari umur, lembaga dan runang lingkup tempat, diperoleh 3 kategori :
Siswa, usia antara 6 – 18 tahun, masih dibangku sekolah
Mahasiswa, usia antara 18 – 25 tahun, masih ada di Universitas atau perguruan tinggi
Pemuda, di luar lingkungan sekolah ataupun peguruan tinggi, usia antara 25 – 30 tahun

(http://berry.student.umm.ac.id/2010/07/28/pemuda-dan-sosialisasi/ )

Pengertian Sosialisasi
Sosialisasi diartikan sebagai sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma sosial yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya.

Sosialisasi dibagi berbagai dalam berbagai kriteria, contohnya :
A. Sosialisasi dalam keluarga : yaitu sosialisasi di keluarga sendiri, mengenal orang tua mereka sendiri dan saudara-saudaranya.

B. Sosialisasi dalam berteman : yaitu sosialisasi dengan teman sekolah, teman dirumah, bersosialisai dengan teman, berdampak besar, karena dapat membawa kita ke arah yang lebih postif atau negatif dalam bergaul.

C. Sosialisasi dalam sekolah : yaitu sosialisasi dengan lingkungan sekolah. Pendidikan di sekolah merupakan wahana sosialisasi sekunder dan merupakan tempat berlangsungnya proses sosialisasi secara formal.

D. Sosialisasi dengan lingkungan kerja : yaitu sosialisasi dengan tempat kita bekerja, jika kita bisa bersosialisasi dengan baik, maka bekerja pun akan nyaman dan lebih semangat lagi

(http://jamalfirdaus.blogspot.com/2010/11/pemuda-dan-sosialisasi.html)

       Kesimpulan nya bahwa pemuda dan sosialisasi itu berhubungan erat, sebagai pemuda penerus bangsa, kita harus bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar kita, karena pengaruh lingkungan sangat besar dampak nya untuk membentuk kepribadian seseorang. Dengan sosialisasi kita dapat mengajak orang lain untuk dapat membangun bangsa dan negara menuju kearah yang lebih baik lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar